Wednesday 8 June 2016

Bagaimana Pandangan Ustadz Jaka: Apa Hukumnya Menelan Ludah Saat Berpuasa di bulan suci Ramadhan ?

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Saya Anjar biasa dipanggil Njar. Alhamdulillah masuk hari ketiga ini Saya masih puasa. Ustadz puasa juga, kan? yang pasti puasa, Semoga puasa kita di tahun ini bisa lancar ya.

Mau tanya nih, Tadz. Kalo puasa kan suka kering tuh mulut, suka bawaannya jadi suka nelenin ludah aja biar agak basah. Itu hukumnya gimana ya Tadz kalo nelen atau keselek ludah?

Bagaimana Pandangan Ustadz Jaka: Apa Hukumnya Menelan Ludah Saat Berpuasa di bulan suci Ramadhan ?


Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Jawaban

Wa'alaikumsalam Wr. Wb.

Terima kasih sudah bertanya, Njar. Menelan atau keselek ludah saat puasa itu hukumnya tidak membatalkan puasa. Asal ludah itu belum keluar dari mulutnya Anjar. Soalnya kalo sudah keluar dari mulut jijik juga kan jika mau dijilat lagi?

Menelan air ludah tidak membatalkan puasa secara ijma. [Imam Nawami sebagai ijma’ (kesepakatan ulama)]

Apa yang tidak mungkin menjaga diri darinya misalnya menelan ludah maka tidak membatalkan puasa, karena menjaga hal ini bisa memberatkan. [Ibnu Qudamah R.A] 

Hal ini juga merajuk pada hal-hal yang menyebabkan batal puasa. Secara garis besar penyebab batalnya puasa terbagi menjadi tiga:

  • Kemasukan benda yang masuk
  • Keluarnya sesuatu yang keluar: Air ludah yang sudah keluar dari mulut akan membatalkan puasa jika dijilat lagi.
  • Jima 
 hal yang berkaitan dengan menelan ludah ini ada juga yang membatalkan puasa, seperti menelan dahak. Menelan dahak membatalkan puasa karena dinilai sebagai sesuatu yang kotor 

Meskipun banyak atau sering dilakukan ketika di masjid dan tempat-tempat lainnya. Akan tetapi, jika berupa dahak yang kental maka sebaiknya tidak ditelan, tetapi keluarkan (diludahkan) di saputangan atau sejenisnya (tissue) jika di masjid. [Al-Lajnah Ad-Daimah]

Meski menelan ludah tidak membatalkan puasa, tapi kamu jangan sampe keselek ludah pacar pas lagi puasa ya! Selain membatalkan puasa, keselek ludah pacar juga termasuk dosa.

taro iklan disini
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bagaimana Pandangan Ustadz Jaka: Apa Hukumnya Menelan Ludah Saat Berpuasa di bulan suci Ramadhan ?

1 comments:

  1. Wa'alaikum salam.
    Sayang bener kalau batal puasa karena ludah, memang kaidah fiqihnya jadi membatalkan bukan karena joroknya tapi kaidahnya itu seperti air yang diminum.

    Sangat bermanfaat makasih mas.

    ReplyDelete